Sunday, August 16, 2009

BUKU PERDANA ANTIPASTI: "RADIKAL ITU MENJUAL"

Radikal Itu Menjual: Budaya Perlawanan atau Budaya Pemasaran?
Joseph Heath & Andrew Potter
Diterjemahkan oleh: Ronny Agustinus & Paramita Ayuningtyas Palar
Diterbitkan oleh: Antipasti
Juni 2009 | ISBN 978-979-1790307 | i - viii + 437 hlm

"Buku yang berani ... Memprovokasi dan membuat Anda berpikir." (Guardian)

Anda merasa radikal memakai kaus Che Guevara ("menunjukkan sikap antikapitalis")? Atau dengan makan sayuran organik ("antimakanan cepat saji")? Atau dengan kembali ke spiritualitas Timur ("antimaterialisme Barat")? Apakah dengan itu semua Anda merasa sudah melawan arus dan menjauh dari masyarakat yang kian kapitalis dan konsumeristis?

JOSEPH HEATH dan ANDREW POTTER meruntuhkan mitos tentang radikalitas gaya hidup tersebut. Dengan argumen yang bernas dan gaya bahasa yang menohok, mereka tunjukkan bahwa "budaya-tanding" (hasrat untuk melawan arus, untuk jadi beda, untuk menjalani hidup alternatif) justru merupakan kekuatan utama pendorong kapitalisme dan konsumerisme kontemporer. Ide bahwa pemberontakan gaya hidup individual akan bisa mengguncang "sistem" justru telah semakin memapankan masyarakat konsumen yang hendak ditentangnya sendiri itu. Lebih parah lagi, ide-ide budaya-tanding juga telah mempengaruhi politik progresif dan memelencengkannya dari cita-cita awal memperjuangkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

"Mengkaji dampak meluas politik budaya-tanding ... Mahasiswa kajian budaya pop, filsafat, dan konsumerisme akan merasakan manfaat dari analisa buku ini." (Journal of Popular Culture)

4 comments:

  1. piro mas hrganya????

    ReplyDelete
  2. Wah buku bagus nih... memberi pencerahan dan penyadaran kalau kita sebenarnya sudah tidak bisa keluar dari jerat kapitalisme, bahkan ketika kita menganggap diri kita melawan padahal saat itu kita sedang membangun peradaban mereka yg semakin mapan..

    ReplyDelete